Suatu proses pengelolaan dokumen dan arsip secara komprehensif dan sistematis selalu didahului dengan kegiatan perencanaan dan penyusunan kebijakan kearsipan.

Namun demikian masih banyak kita temui dalam praktek pengelolaan dokumen dan arsip suatu organisasi tidak didasarkan pada suatu perencanaan yang menyeluruh (comprehensive) dan kebijakan kearsipan yang jelas sehingga mengakibatkan sulit mengukur target kinerja yang akan dicapai dalam jangka waktu tertentu dan atau bahkan tidak mengetahui pekerjaan kearsipan yang dilakukan sudah sampai tahap apa.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purwakarta menerima kunjungan kerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Garut pada hari Selasa, 5 Nopember 2019 dengan beberapa agenda yaitu dalam rangka koordinasi perihal upaya yang harus ditempuh dalam meningkatkan kinerja pengelolaan kearsipan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Garut, pengembangan SDM kearsipan, serta pengembangan program kegiatan kearsipan. Dalam kesempatan ini, Ibu Dra. Hj. Netty Purnamawati M.Kes, selaku Plt. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purwakarta memberikan beberapa point masukan perihal upaya yang telah dan akan ditempuh dalam rangka peningkatan kinerja pengelolaan kearsipan yaitu pembagian Tupoksi yang jelas dan tepat sasaran, perencanaan yang baik dan terukur, serta kerja keras seluruh unsur Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purwakarta dalam rangka mensukseskan target dan capaian yang telah disusun dalam dokumen rencana strategis Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purwakarta.

Turut hadir dalam penerimaan kunjungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Garut yaitu unsur SDM Dinas  Kearsipan dan dan Perpustakaan Kabupaten Purwakarta yang terdiri dari Kepala Bidang Pengelolaan dan Pemeliharaan Kearsipan/P2K, Kasie Pemeliharaan Kearsipan, Kasie Informasi dan Layanan Kearsipan pada Bidang P2K, Kasie Pengembangan Kearsipan, Kasie Pelestarian Kearsipan, Kasie Pembinaan Kearsipan pada Bidang Pembinaan, Pelestarian dan Pengembangan Kearsipan/P3K dan para seluruh Arsiparis pada  Dinas Kearsipan dan dan Perpustakaan Kabupaten Purwakarta.

Disamping itu beliau menjelaskan perihal pelayanan publik yang dilakukan bagi masyarakat Purwakarta dan pengunjung dari luar daerah untuk melihat dari dekat Diorama Purwakarta dan Bale Panyawangan Diorama Nusantara. Pada mulanya hal itu merupakan “sebuah mimpi” dari Bapak Dedi Mulyadi, Bupati Purwakarta periode 2008-2018. Padahal waktu itu, kondisi APBD Kabupaten Purwakarta juga dalam kondisi tarik ulur dikarenakan banyak aspek yang harus dibenahi, khususnya sarana dan prasarana fisik jalan dan jembatan serta pembangunan dan rehabilitasi sekolah.

Akan tetapi semua tergantung kebijakan kewilayahan Kepala Daerah waktu itu dan didukung oleh DPRD Kabupaten Purwakarta dan segenap stakeholder perencanaan dan teknis, serta komitmen Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purwakarta hingga akhirnya Bale Panyawangan Diorama Purwakarta dan Bale Panyawangan Diorama Nusantara bisa terwujud dan dinikmati serta dikenal hingga di seluruh Indonesia.

Kunjungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Garut pada hari Selasa, 5 Nopember 2019 terdiri dari para Kepala Bidang, Kasie dan staff di lingkup Bidang Arsip Dinamis pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Garut bertempat di ruang Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purwakarta. Disamping berkoordinasi perihal peningkatan kinerja dinas, rombongan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Garut juga melihat kondisi Depo Arsip yang dimiliki oleh Kabupaten Purwakarta. Disamping itu, rombongan juga menyempatkan mengunjungi dan melihat langsung tampilan pojok-pojok layanan di Bale Panyawangan Diorama Purwakarta dan Bale Panyawangan Diorama Nusantara. (A.W)

Leave a Reply