Satu bulan lalu, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan  menerima  kunjungan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Tanggerang, bertempat di Ruang Kepala Dinas, tamu yang hadir antara lain, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Tanggerang, Sekretaris Dinas dan Kepala Bidang Kearsipan. Adapun tujuan kunjungan dinas Pemerintah Kabupaten Tanggerang yaitu dalam rangka studi banding pembangunan Diorama serta langkah-langkah awal yang harus ditempuh guna memenuhi rencana pembangunan Diorama di Kabupaten Tanggerang.

Seperti biasanya, rombongan diterima oleh ibu Plt Kepala Dinas Dra. Hj Netty Dewi Purnamawati, M.Kes di ruang Kepala Dinas, rombongan sempat bertukar pikiran dengan Ibu Plt. Kepala Dinas yang pagi itu ditemani oleh Kepala Bidang P2K, Kasie Pemeliharaan Kearsipan Bidang P2K, Kasie Pengembangan Kearsipan Bidang P3K, Kasubag Keuangan, Kasubag Umum dan Kepegawaian serta Arsiparis.

Kunjungan Kerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Tanggerang

Kunjungan Kerja Kementerian Lingkungan Hidup UPT Balai Taman Nasional Batimurung Bulusaraung Sulawesi Selatan

Pembahasan dimulai dari tahap perencanaan, potensi, sejarah hingga ke aspek dukungan anggaran dari stakeholders, yang mana besaran alokasi anggaran rencana pembangunan Diorama di Kabupaten Tanggerang 4 kali lipat lebih besar nilainya dibandingkan alokasi anggaran pembangunan Diorama Purwakarta sendiri. Dengan dukungan anggaran yang jauh lebih besar, Kabupaten Tanggerang mengharapkan rencana Diorama yang dibangun disana nantinya lebih baik lagi dari “Sang Kakak” yang berada di Purwakarta.

Siangnya tanggal 5 Februari 2020, rombongan diajak melihat langsung wujud Diorama Purwakarta dan Diorama Nusantara. Terlihat para tamu kunjungan sangat antusias mendengar penjelasan guide (pemandu Diorama) disetiap Hall dan segmen yang ada di Diorama Purwakarta dan Diorama Nusantara.

Tahun 2019 lalu Diorama tengah bersolek dan berbenah kembali dengan pengantian dan perawatan content yang tidak berfungsi hingga rusak serta memperbaiki dan mengganti beberapa fasilitas penunjang yang rusak atau berkurang fungsinya seperti pemeliharaan lampu dan penggantian AC.

Kemarin, tanggal 4 Februari 2020, Diorama menerima kunjungan dari Kementerian Lingkungan Hidup UPT Balai Taman Nasional Batimurung Bulusaraung Sulawesi Selatan dalam rangka pengembangan Balai Konservasi Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung dengan titik fokus obyek kupu-kupu yang ada di Bantimurung dan beberapa hewan yang dilindungi lainnya. Hari ini, kembali Diorama menerima kunjungan dari Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bekasi dalam rangka studi tiru Diorama/museum yang ada di Kabupaten Purwakarta.

Sejak awal dibangunnya di tahun 2015 lalu, Diorama Purwakarta sudah menyedot perhatian pengunjung, baik wisatawan lokal, regional hingga manca negara. Dan salah satu dikenalnya Purwakarta di tingkat regional disamping Sate Maranggi, Menong, Simping Kaum dan Situ Buleud, sejak tahun 2015 dan 2017 lalu Purwakarta memiliki 2 titik destinasi wisata edukasi dan rekreasi baru yaitu Bale Panyawangan Diorama Purwakarta dan Bale Panyawangan Diorama Nusantara. Yuk, ke Purwakarta!.

~Reportase Bid. P2K~

Leave a Reply