FUMIGASI

SEBAGAI UPAYA PEMELIHARAAN BAHAN PUSTAKA

Proses pengasapan pada kegiatan Fumigasi di Perpustakaan Kabupaten Purwakarta

Senin 24 Mei, Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disipusda) Purwakarta melaksanakan kegiatan Fumigasi dalam rangka pemeliharaan bahan pustaka. Apa itu fumigasi? Fumigasi adalah salah satu cara untuk melestarikan bahan pustaka dengan cara mengasapi bahan pustaka menggunakan bahan kimia untuk mencegah, mengobati, mensterilkan dan membasmi biota yang dapat merusak dengan menggunakan fumigan.

Fumigasi ini dilakukan oleh petugas professional pada tiga ruang Layanan Perpustakaan, yaitu Ruang Baca Anak, Ruang Baca Remaja dan Ruang Baca Umum dengan mengedapkan udara dan menutup semua ruangan. Agar proses penetrasi obat ke dalam buku berlangsung secara maksimal, terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan, yaitu: 1) Isolasi ruangan menjadi kedap udara; 2) Pelepasan tablet; 3) Penetrasi Obat; 4) Pembersihan ruangan dari sisa-sisa bahan kimia.

Kegiatan Fumigasi ini sebagai bagian dari prosedur kerja dengan rangkaian seperti yang dijelaskan tersebut, maka perlu adanya pembatasan aktivitas dan mengharuskan menutup Pelayanan Perpustakaan. Dalam waktu kegiatan fumigasi tersebut, Layanan Perpustakaan ditutup sementara selama 5 hari kerja yaitu pada tanggal 24 sampai dengan 28 Mei 2021.

Bagi Pemusta (Masyarakat) perlu dipahami bahwa kegiatan Fumigasi ini perlu untuk dilaksanakan ya. Karna untuk menjaga sumber-sumber informasi yang kalian perlukan. Tetapi kalian tidak perlu khawatir juga, karna dalam proses Fumigasi ini kami masih melayani pengembalian bahan pustaka dengan senang hati dan standar pelayanan Perpustakan sebagaimana biasa di jam kerja kami, yaitu Pukul 08.00 s/d 16.00.

Kami juga merekomdasikan bagi teman-teman Pemustaka yang merasa gabut bilamana tidak membaca buku untuk sehari saja dapat menggunakan aplikasi kami (e-Perpus Purwakarta) dan dapat di download di Play Store atau App Store pada HP kesayangan anda. Segera daftarkan diri anda di http://bit.ly/Daftar_eperpusPWK untuk dapat mengakses aplikasi perpustakaan digital yang dimiliki Perpustakaan Kabupaten Purwakarta.

Salam Literasi …….!!!!!!