SIMPING

(SUMBER INFORMASI MELALUI PERPUSTAKAAN KELILING)

 

Perpustakaan keliling adalah bagian dari pelayanan Perpustakaan  Daerah kabupaten Purwakarta , yang mana dalam pemberian layanannya selalu mengunjungi/ mendatangi pembacanya dengan kendaraan Pusling dengan kata lain layanan perpustakaan keliling sama dengan perpustakaan Bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain yang jauh dari Layanan Perpustakaan Umum.

Pada masa Kepemimpinan Kang Dedi Mulyadi, dalam rangka meningkatkan layanan Publik dan meningkatkan kecerdasan  intelektual dan kultural masyarakat, Layanan Perpustakaan Keliling di gandeng dengan beberapa dinas terkait diantaranya Dinkes, Disdukcapil, PTSP, Pertanian dan Peternakan dan lain sebagainya untuk melaksanakan layanan langsung atau  dikenal juga dengan Kegiatan Gempungan Diburuan Urang Lembur dimana kita setiap hari Rabu memberikan layanan baca di tempat dan memberikan pengenalan  jasa layanan perpustakaan dan alhamdulilah kegiatan tersebut  mendapat respon yang sangat baik dari masyarakat luas khususnya anak anak Purwakarta.

Pada Masa Kepemimpinan Ambu Anne Ratna Mustika kegiatan gempungan tersebut juga diteruskan kembali dan dijadikan kegiatan yang sangat prioritas dan alhamdulilah Ibu Bupati Juga sangat mendukung sekali kegiatan yang selalu dilaksanakan oleh Perpustakaan .

Pada pagi ini Tanggal 14 Pebruari 2020 diadakan lagi kegiatan gempungan yang ke 2 (dua) kalinya di Tahun 2020, yang mana gempungan kali ini bertempat di Desa Darangdan Kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta. Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan berbagai macam layanan antara lain Layanan Kesehatan, Layanan Disdukcapil, Layanan KB , Layanan Perizinan, Layanan Pajak Keliling, Sim , layanan Perpustakaan Keliling, Penyaluran Gas subsisdi  dan Lainnya.

 

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan kabupaten Purwakarta mengirimkan satu unit perpustakaan keliling dan alhamdulillah pada kesempatan tersebut anak-anaknya sangat antusias sekali dalam membaca, serta pada waktu yang sama pula Ambu Anne ratna Mustika mengunjungi semua stand layanan dan tidak ketinggalan berkunjung ke Mobil Layanan Pusling.

  

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan mempunyai 3 (Tiga) Unit Mobil Layanan Perpustakaan keliling yang masih aktif serta satu Motor Baca, selain mengisi kegiatan di gempungan juga memberikan layanan kepada sekolah-sekolah,TBM maupun 92 titik Layanan Desa/Kelurahan.

Adapun untuk masyarakat yang menginginkan dikunjungi Layanan Perpustakaan Keliling dapat membuat surat permohonan kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan cq. Bidang layanan dan Otomasi Perpustakaan ,Minimal 1 minggu sebelum pelaksanaan Layanan.

Maju terus Perpustakaan dan tetap semangat dalam membangun Masyarakat yang Melek Buku dan Salam Literasi…(Dudin).14/02/2020

Leave a Reply