INLIS Lite merupakan perangkat lunak (software) aplikasi otomasi perpustakaan yang dibangun dan dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) sejak tahun 2011.

Seiring dengan perkembangan dunia perpustakaan, khususnya di Indonesia, Perpusnas memandang perlu untuk memfasilitasi semangat pengelola perpustakaan di seluruh daerah untuk memulai menerapkan otomasi perpustakaan menuju terwujudnya perpustakaan digital, maka Perpusnas berinisiatif untuk mendistribusikan perangkat lunak ini dalam versi yang lebih ringan dengan nama INLIS Lite.

Manfaat INLISLite

  • Membantu pengembangan otomasi perpustakaan di seluruh Indonesia.
  • Sebagai tool perpustakaan digital untuk mengelola koleksi full teks dan multimedia
  • Membantu dalam pembentukan katalog elektronis berbasis MARC untuk Indonesia (INDOMARC).
  • Melaksanakan program nasional yang diamanatkan kepada Perpusnas untuk menghimpun data koleksi nasional dalam sebuah Katalog Induk Nasional (KIN) dan Bibliografi Nasional Indonesia (BNI) dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
  • Membantu pembentukan Katalog Induk Daerah (KID) dan Bibliografi Daerah (BiD) yang diselenggarakan oleh perpustakaan umum provinsi bersama mitra kerjanya di tingkat kabupaten dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Dan juga manfat lain dari inlislite adalah  sebagai media bagi perpustakaan untuk mendapatkan feedback/masukan dari anggota perpustakaan. Menjadikan InlisLite sebagai portal yang menyajikan Info Bibliografi,  Journal, Informasi, dan potensi perpustakaan secara terpadu dan menyeluruh.

Selain itu InlisLite sebagai media interaksi antara pustakawan dengan pemustaka, sebagai komunikasi dua arah sebagai langkah awal terwujudnya implementasi e-library / perpustakaan digital.

Kita dapat menginstall Inlis ke dalam server web, jadi perpustakaan Digital yang bisa diakses dimana saja, sehingga pemustaka maupun pustakawan bisa mengakses Inlis dimana saja.

Alhamdulilah sejak Bulan Februari  2019  ini Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purwakarta  sudah dapat meng implementasikan Automasi Perpustakaan  dengan Penggunaan Aplikasi INLISLITE Versi 3.1,  sehingga segala bentuk Pelayanan pada masyarakat sudah terintegrasi.

Adapun Fitur-Fitur inlislite antara lain:

Modul Back Office

Modul back office adalah bagian dari program aplikasi yang operasionalisasinya hanya boleh dilakukan oleh operator yang diberikan akun berupa username dan password serta hak akses tertentu sesuai dengan wewenang yang diberikan kepadanya. Dengan username dan password tersebut, operator dapat mengakses modul back office melalui mekanisme login. Modul backoffice terdiri dari:

  1. Modul akuisisi
  2. Modul Katalog
  3. Modul keanggotaan
  4. Modul Sirkulasi
  5. Modul laporan
  6. Modul Administrasi

Modul OPAC (Online Public Access Catalogue)

Modul Online Public Access Catalogue (OPAC) adalah sarana bagi pemustaka untuk mencari data koleksi yang dibutuhkannya. Tidak perlu login untuk membuka modul program ini.
Tiga macam penelusuran informasi

  • Penelusuran Sederhana (simple search)
  • Penelusuran Lanjut (boolean search)
  • Penelusuran berbasis MARC (MARC based search)

Modul Keanggotaan Online

Modul keanggotaan online dapat digunakan oleh anggota perpustakaan untuk melihat profil keanggotaannya serta daftar transaksi peminjaman yang pernah dilakukannya. Modul ini juga dapat dijadikan pengingat bila anggota tersebut belum mengembalikan koleksi yang dipinjamnya. Ke depan, modul ini diharapkan dapat dikembangkan menjadi sarana untuk menampilkan transaksi baca di tempat, melakukan pemesanan bahan pustaka, serta mengajukan saran dan pertanyaan seputar layanan perpustakaan.

Modul Pendaftaran Anggota (Mandiri)

Modul ini merupakan sarana untuk pendaftaran keanggotaan secara mandiri. Dengan adanya modul ini diharapkan beban petugas layanan menjadi lebih ringan karena calon anggota dapat menginput sendiri data-datanya saat mendaftar menjadi anggota.

Modul Checkpoint (Buku Tamu)

Modul ini sebenarnya adalah buku tamu elektronik yang dapat digunakan sebagai pengganti buku tamu tradisional (tulis tangan). Dengan adanya modul ini diharapkan pencatatan data pengunjung perpustakaan menjadi lebih cepat dan laporan data pengunjung dapat segera terlihat kapanpun dibutuhkan. Saat ini jenis pengunjung yang dapat dicatat adalah anggota dan non anggota. Pada versi INLIS Lite berikutnya akan ditambah dengan pencatatan data pengunjung rombongan.

 

 

BIMBINGAN TEKNIS

Bimbingan Teknis terkait aplikasi inlislite bagi pengelola Perpustakaan di seluruh Indonesia dapat diperoleh melalui:

  • Magang Di Perpustakaan Nasional RI dengan mengajukan surat permohonan secara resmi dikirimkan dari lembaga/institusi perpustakaan yang bersangkutan kepada: Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpustakaan Nasional RI, Jln. Salemba Raya 28A Jakarta 10430 Faxs (021) 3103554, 3148540
  • Untuk Daerah Kabupaten Purwakarta bisa Magang di Perpustakaan Purwakarta atau mendapat pembinaan terkait Aplikasi Otomasi Perpustakaan dengan mengirimkan surat resmi kepada: Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Cq. Bidang Layanan dan Otomasi Perpustakaan Jln. Veteran Komp. Perum Griya Asri No. 1 Ciseureuh – Purwakarta 41118 Telp/Faks. (0264) 212575 Email : arsipda@purwakartakab.go.id / perpusdapurwakarta@gmail.com  Website : http//www.disipusda.purwakartakab.go.id

 

Leave a Reply