Bupati Purwakarta, Hj. Anne Ratna Mustika, SE telah meresmikan gedung Perpustakaan baru, Selasa (12/2). Kini Masyarakat Kabupaten Purwakarta memiliki gedung Perpustakaan yang layak untuk dikunjungi dan di manfaatkan. Karena sebelumnya gedung perpustakaan yang masih menempati ruko, sehingga tidak begitu dilirik dan diminati oleh masyarakat luas. Kini Kabupaten Purwakarta telah resmi memiliki Gedung yang cukup megah, nyaman dan representatif.

Kenyamanan yang diberikan Perpustakaan pada masyarakat diantaranya yaitu, karena disediakannya Ruangan Pustaka Anak, Ruangan Pustaka Remaja Ruangan Pustaka Umum, dan Ruang Referensi. Pada setiap ruangan tersebut disediakan berbagai buku yang sesuai peruntukkannya. Selain keempat ruangan yang telah disebutkan, Perpustakaan Kabupaten Purwakarta juga memiliki Ruang Komputer yang terkoneksi dengan jaringan internet dan Ruang Laktasi disediakan bagi pemustaka yang memerlukannya.

Selain kenyamanan untuk membaca, pemustaka juga diberikan kemudahan dalam hal penggunaannya, karena fasilitas yang sudah terkomputerisasi, semisalnya buku tamu yang berbasis komputer. “Perpustakaan digital ini memudahkan masyarakat yang gemar membaca, selain itu dilengkapi dengan fasilitas jaman now bahkan untuk mengisi buku tamu dengan digital dan membuat kartu anggota saja cepat bahkan gratis,” Ucap Ambu Anne disela peresmian Gedung berlangsung.

Selain itu, pemustaka juga dapat mencari judul buku melalui OPAC (Online Public Access Catalog) yang juga merupakan katalog berbasis komputer. Sehingga pemustaka tidak kesulitan lagi mencari buku yang diinginkannya atau mencari informasi yang dibutuhkannya.

Bersamaan dengan diresmikannya Gedung Perpustakaan yang baru, Perpustakaan Kabupaten Purwakarta bekerja sama dengan Gramedia, juga merilis sebuah aplikasi Perpusakaan Digital berbasis android. Saat ini Perpustakaan Kabupaten Purwakarta memiliki 700 judul ebook yang disediakan dan dapat diakses dari aplikasi tersebut.

Tidak hanya masyarakat dan para pejabat Pemerintah Daerah setempat saja yang terlihat pada saat acara peresmian berlangsung. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah se Provinsi Jawa barat pun ikut serta dalam acara peresmian tersebut. Bahkan dihadiri juga oleh Kepala DISPUSIPDA Provinsi Jawa Barat H. Riadi, SKM., MPH dan juga T. Syamsul Bahri, SH., M. Si sebagai Pustakawan Ahli Utama yang mewakili Perpustakaan Nasional RI.

Dengan telah dibangun dan diresmikannya gedung Perpustakaan yang baru, Ibu Bupati yang akrab dipanggil Ambu juga berharap minat baca pada masyarakat Purwakarta akan semakin meningkat. (donz)

Leave a Reply