HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL

Bersama Disipusda Purwakarta

Hari Peduli Sampah Nasional diperingati setiap tanggal 21 Februari. Kementerian Negara Lingkungan Hidup mencanangkan 21 Febuari 2006 sebagai Hari Peduli Sampah untuk pertama kalinya.

Peringatan ini muncul atas ide dan desakan dari sejumlah pihak untuk mengenang peristiwa di Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, pada 21 Februari 2005 di mana sampah dapat menjadi mesin pembunuh yang merenggut nyawa lebih dari 100 jiwa.

Pada peristiwa naas tersebut terjadi akibat curah hujan yang tinggi dan ledakan gas metana pada tumpukan sampah. Akibatnya 157 jiwa melayang dan dua kampung (Cilimus dan pojok) hilang dari peta karena tergulung longsoran sampah yang berasal dari Tempat Pembuangan Akhir Leuwigajah.(dari berbagai sumber)

Tragedi ini memicu dicanangkannya Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati tepat di tanggal insiden itu terjadi.

Pada hari ini Pemerintah Dearah Kabupaten  Purwakarta yang dalam hal ini Bupati Purwakarta Hj Ambu Anne Ratna Mustika, SE mengintruksikan agar masyarakat purwakarta tetap terus menjaga kebersihan dan selalu membuang sampah pada tempatnya, Serta meminimalisir penggunaan sampah plastik, yang mana merupakan bagian dari kepedulian kita semua dalam menjaga lingkungan.

     

Kepala Dinas kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purwakarta Drs. H Mohamad Ramdhan,Msi sangat mengapresiasi intruksi  tersebut dengan melaksankan Jum’at Bersih di sekitar kantor dan meng instruksikan seluruh jajarannya agar menggunakan tumbler sebagai alat minum yang mana hal tersebut dapat mengurangi sampah plastik dari botol air minum kemasan.

Selamat Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2020.

#Yuk Urang Beberesih Ah……..

#haripedulisampahnasional #purwakartaistimewa #purwakarta

Leave a Reply