Lawatan dan Studi Banding Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purwakarta untuk menyaksikan dan belajar secara langsung pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Jogyakarta dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman yang dilaksanakan pada 21-22 Nopember 2019 lalu berbuah manis. Ibarat seorang gadis belia yang tengah bersolek dan berbenah diri, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purwakarta tak melupakan dirinya untuk terus berbenah dan menambah pengetahuannya dengan melaksanakan studi banding ke 2 (dua) kota yang memiliki nilai LAKE kategori A, yaitu sekitar 96.

Lawatan yang berlangsung selama 2 (dua) hari ini memiliki agenda khusus diantaranya perihal tata cara akuisisi kearsipan khususnya pada tata laksana pemusnahan arsip rekam medis. Disamping itu para peserta lawatan yang berjumlah 16 orang juga belajar banyak tentang tata laksana kearsipan, tata kelola kearsipan hingga audit internal dan eksternal. Waktu 2 (dua) hari dirasakan belumlah cukup untuk mengamati, meniru serta memodifikasi temuan di kedua kota ini guna diadopsi dengan pengayaan muatan local (mulok) Purwakarta.

Plt Kepala Dinas Kearsipan, Dra. Hj. Netty Purnamawati, M.Kes tengah memperkenalkan selayang pandang situasi, kondisi, dan capaian kinerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purwakarta

Lawatan dan Studi Banding kali ini mengikutsertakan Ibu Plt Kepala Dinas Kearsipan, Dra. Hj. Netty Purnamawati, M.Kes, Kepala Bidang Pengelolaan dan Pemeliharaan Kearsipan (P2K), Kasie Pemeliharaan Kearsipan, Kasie Informasi dan Layanan Kearsipan, para Arsiparis, Pranata Kearsipan dan Pengelola Kearsipan serta unsur Kesekretariatan Dinas.

Pada lawatan hari pertama, Ibu Plt Kepala Dinas Kearsipan, Dra. Hj. Netty Purnamawati, M.Kes memperkenalkan situasi, kondisi, dan capaian kinerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purwakarta. Melalui paparan dan sesie tanya-jawab, para peserta disuguhkan perihal tata laksana dan tata cara pemusnahan arsip rekam medis serta meninjau depo arsip Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Jogyakarta, Gallery Mini dan diakhiri dengan berphoto bersama di depan Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Jogyakarta bersama para pejabat serta arsiparis pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Jogyakarta.

Para peserta tengah mengamati keunikan Gallery Arsip yang dimiliki oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman

Kunjungan hari kedua dilanjutkan keesokan harinya sesuai agenda yang telah disepakati oleh tuan rumah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman. Di Sleman, para peserta diterima oleh Ibu Dra. Puji Astuti selaku Sekretaris Dinas yang didampingi beberapa unsur pejabat Bidang dan Kesekretariatan serta Arsiparis pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman. Kembali disana para peserta mencoba menggali perihal tata laksana dan tata cara pemusnahan arsip rekam medis serta tata laksana kearsipan, tata kelola kearsipan hingga audit internal dan eksternal. Masih dirasa kurang, peserta ditambah dengan masukan tentang tahapan guna peningkatan nilai LAKE Kabupaten.

Setelah bersantap, siang itu rombongan peserta yang dipimpin oleh Ibu Plt Kepala Dinas Kearsipan, Dra. Hj. Netty Purnamawati, M.Kes di bawa untuk melihat Depo Arsip Kabupaten Sleman, Pojok Gallery Arsip serta Gedung Gallery Arsip yang letaknya sekitar 600 meter di lingkungan Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman. Saat hari menjelang sore, rombongan pun meninggalkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman untuk kembali ke Purwakarta. ‒Reportase Bid.P2K‒

Leave a Reply