KELAS MERAJUT

“Bersama Purwakarta Crochet Community”

 

Dalam peraturan perundangan secara tegas dijelaskan bahwa masyarakat memiliki hak dalam memperoleh layanan dan mendayagunakan fasilitas perpustakaan. Pemerintah berkewajiban untuk menggalakan promosi  gemar membaca dengan memanfaatkan fasilitas perpustakaan.

Latar belakang ini yang melandasi tercetusnya program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial yang digaungkan oleh Perpusnas RI. Paradigma perpustakaan harus dirubah. Dari semula perpustakaan hanya menjadi tempat koleksi buku dan sumber referensi, kini bertransformasi menjadi perpustakaan yang dapat memberdayakan masyarakat dan menjadi tempat berinteraksi dengan komunitas sosial serta working space tempat tumbuhnya inovasi baru.

Perpustakaan selain menyediakan sumber-sumber bacaan untuk menggali informasi dan pengetahuan, juga wajib memfasilitasi masyarakat dengan berbagai kegiatan pelatihan dan keterampilan yang bertujuan untuk pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat.

Kegiatan Kelas Merajut bersama Purwakarta Crochet Community

Berangkat dari program ini, Perpustakaan Purwakarta berusaha mewujudkannya dalam kegiatan layanan perpustakaan. Salah satunya dengan membuka Kelas Merajut untuk pemula. Kelas Merajut diselenggarakan bekerjasama dengan komunitas Purwakarta Crochet Community (PCC ).

Kelas ini dilaksanakan secara berkelanjutan. Untuk bulan September ini, kelas merajut dilaksanakan setiap Selasa dan Jumat, mulai tanggal 1 September 2020, mulai pukul 13.00 – 15.00 WIB. Kelas merajut gelombang 1, diikuti oleh 30 orang peserta dengan 8 orang tutor dari PCC.  30 orang peserta ini dibagi dalam 3 ruangan berbeda.

Diharapkan dari kegiatan ini, dapat membantu masyarakat meningkatkan taraf hidupnya melalui keterampilan merajut.

Mari kita merajut asa merenda harapan bersama Perpustakaan Purwakarta mewujudkan Literasi untuk Kesejahteraan.

Leave a Reply