Sebagai salah satu ujung tombak tercapainya tertib arsip di Kabupaten Purwakarta, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purwakarta terus menerus melaksanakan berbagai kegiatan guna meningkatkan kesadaran pencipta arsip dan pengguna arsip bagi pengelolaan arsip secara baik.

Peningkatan kesadaran mengenai arsip ini menjadi sangat penting karena arsip merupakan sumber informasi dan juga pertanggungjawaban terutama di bidang pemerintah. Oleh karena itu pengelolaan arsip yang baik dan sesuai dengan kaidah perundang-undangan yang berlaku sangat penting. Tujuannya adalah sebagai bentuk pertanggungjawaban terutama penyelamatan arsip-arsip Negara dan arsip-arsip yang bersifat sejarah.

Bidang Pembinaan, Pelestarian dan Pengembangan kearsipan sebagai salah satu bidang yang ada di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan tentunya bersinergi dengan tujuan kearsipan yang diharapkan maka pada tahun 2019 melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Kearsipan dan Penilaian Penyelenggaraan Kearsipan yang dilaksanakan di OPD di Kabupaten Purwakarta. Kegiatan dimulai dari Bulan Oktober sampai dengan November 2019.

Adapun tujuan dari kegiatan ini guna memotret sampai sejauhmana pelaksanaan pengelolaan arsip terutama arsip dinamis di OPD dan apa saja yang menjadi kekurangannya serta sisi yang mana yang perlu ditingkatkan. Sehingga dapat menjadi acuan bagi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan dalam melakukan pembenahan arsip di lingkungan Pemerintah ke depan.

Sedangkan penilaian kearsipan selain sebagai sosialisasi mengenai kegiatan Laporan Audit Kearsipan Internal yang sudah harus dilaksanakan oleh LKD masksimal tahun 2021 juga bertujuan sebagai pemicu bagi OPD agar memperhatikan pengelolaan kearsipan yang ada di OPDnya masing-masing. Dimana Kegiatan Penilaian Penyelenggaraan Kearsipan menilai sejauh mana OPD tersebut patuh pada peraturan kearsipan, pemenuhan sumber daya kearsipan dan pemenuhan sarana dan prasarana kearsipan juga bagaimana penganggaran untuk kearsipan.

Hasil dari dua kegiatan tersebut akan dijadikan bahan laporan mengenai penyelenggaraan kearsipan terutama di Bidang Pemerintahan agar tujuan tercapainya tertib arsip dapat terwujud. Serta apa solusi terbaik yang dapat dicapai supaya kearsipan dapat terkelola dengan baik dan menjadi dasar bagi pengambilan kebijakan ataupun sebagai bahan informasi yang akurat dan bahan sejarah yang otentik.

Leave a Reply