Periode 1992 – 1996

Pada Periode 1992-1996 kantor arsip masih dikelola oleh Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Purwakarta, tepatnya di Bagian Umum Sub Bagian Tata Usaha dan Keuangan.

Periode 1996 – 1999

Terbitnya 2 (dua) Peraturan Daerah mengenai Kantor Arsip, yaitu Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 1996 tentang Pembentukan Kantor Arsip Daerah Kabupaten Purwakarta dan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 1996 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Arsip Daerah merupakan tonggak sejarah berdirinya Kantor Arsip tetapi secara faktual masih berada dan dikelola oleh Bagian Umum, belum menjadi kantor yang mandiri.

Periode 1999 – sekarang

Tanggal 1 April 1999 Kantor Arsip Daerah Kabupaten Purwakarta beroperasi secara penuh / mandiri. Dengan keluarnya PP Nomor 41 tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah menimbulkan perubahan susunan organisasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purwakarta. Berdasarkan peraturan Daerah kabupaten Purwakarta Nomor 11 tahun 2008 tentang Pembentukan Lembaga Teknis Daerah maka ditetapkannya Kantor Arsip Daerah kabupaten Purwakarta adalah salah satu pendukung tugas Bupati yang kemudian ditindaklanjuti dengan Peraturan Bupati Nomor 57 Tahun 2008 tentang Rincian Tugas, Fungsi dan Tata Kerja kantor Arsip Daerah, dengan tugas pokok melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang Kearsipan.