PEMBINAAN TENTANG  PENGELOLA DAN PENYELENGGARAAN KEARSIPAN DESA CIKADU KECAMATAN CIBATU KABUPATEN PURWAKARTA

Pelaksanaan pembinaan kearsipan di aula oleh TIM Kearsipan Disipusda Kab. Purwakarta

Tim Bidang Kearsipan DISIPUSDA Kabupaten Purwakarta Tahun 2022 melaksanakan  Sosialisasi tentang Pembinaan, Pengelolaan dan Penyelenggaraan Kearsipan Di Desa Cikadu Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta pada Hari Selasa/Tanggal 17 Mei 2022 dengan dihadiri tokoh masyarakat dan Aparat  Desa Cikadu dengan jumlah 35 orang,

Pengelolaan  Arsip  yang dilaksanakan dengan baik dan benar di Desa Cikadu Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta merupakan suatu kaedah yang ada akan menghadirkan kemanfatan  besar bagi kehidupan Organisasi, Pemerintahan, dan Masyarakat. Ketersediaan Arsip secara utuh, otentik, dan terpercaya pada setiap Lembaga dan Pemerintah Daerah akan memberikan dukungan nyata bagi pelaksanaan reformasi, birokrasi utamanya untuk memanfaatkan penilaian kinerja, pertanggungjawaban kinerja, pelayanan public serta penyediaan alat bukti bagi kepentingan lain. Pada Kenyataan Penyelenggaraan Kearsipan pada saat ini belum semuanya dapat berjalan sesuai yang diinginkan.

Ada beberapa factor penyebab mengapa penyelenggaraan kearsipan tidak berjalan sesuai dengan keinginan diantaranya yaitu masyarakat masih memiliki pemahaman yang sangat beragam tentang arti pentingnya arsip, factor lainnya adalah pada pemimpin organisasi  dan penyelenggara pemerintahan belum menempatkan bidang kearsipan seimbang dengan nilai pentingnya arsip yang sebenarnya bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Halini berakibat pada alokasi sumber daya pendukung untuk penyelenggaraan kearsipan dirasakan masih kurang memadai di setiap satuan  Organisasi Pemerintahan.