FESTIVAL LITERASI 2022

Dalam Memperingati Hari Kungjung dan Bulan Gemar Membaca

Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Purwakarta

Momentum yang selalu ditunggu oleh insan Perpustakaan baik Pustakawan maupun para Pegiat Literasi pada bulan september ini ialah Hari Kunjung Perpustakaan dan bulan Gemar Membaca. Dimana pada 14 September 1995, berdasarkan surat Kepala Perpustakaan Nasional RI Nomor 020/A1/VIII/1995 pada tanggal 11 Agustus 1995 ditetapkan pertama kali oleh Presiden Soeharto sebagai Hari Kunjung Perpustakaan.

Tidak banyak orang yang tahu tanggal 14 September merupakan Hari Kunjung Perpustakaan, untuk itu seluruh Perpustakaan di Indonesia menjadikan ini sebagai momentum yang tepat juga penting untuk dirayakan dengan berbagai kegiatan.

Hari Kunjung Perpustakaan tidak hanya milik Perpustakaan Nasional semata, tetapi juga Perpustakaan Daerah dan Perpustakaan Khusus lainnya ikut serta bersama-sama berinovasi menjadi Lokomotif penggerak dalam peningkatan minat baca di tengah masyarakat. Karenanya Perpustakaan Daerah Kabupaten Purwakarta jauh hari telah mempersiapkan momentum ini.

Hari Kunjung Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan dikemas melalui kegiatan “Festival Literasi 2022” ditetapkan pelaksanaanya pada tanggal 15 dan 16 September dengan beberapa kegiatan mengikuti diantaranya, Lounching buku SKS (Antologi Pusisi) “Pesan Untuk Negeri”, Parade Puisi (SKS), Parade Puisi Jejer Cacaka, Diskusi Sastra/Bedah Buku “Si Lidah Emas Dirampok Begal”, Coaching Clinic Penulisan Artikel, juga Perlombaan-perlombaan yaitu Lomba Mewarnai dan Lomba Bertutur/Mendongeng.

Selain dari pada kegiatan inti yang dilaksanaan, untuk menarik minat pengunjung kami juga mengundang Stakeholder diantaranya dari Penerbit, Komunitas Pegiat Literasi, Taman Baca, Perpustakan Desa yang sebelumnya menjadi binaan dalam program Transpormasi Perpustaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) juga hadir para Duta Baca Perpustakaan untuk mengisi kegiatan dengan Bazar Buku, Pameran hasil karya program TPBIS dan lain sebagainya.

Perlombaan Mewarnai dan lomba Bertutur/Mendongeng yang dilaksanakan pada hari kedua telah diikuti para pelajar di Kabupaten Purwakarta. Selamat bagi pemenang, ini merupakan hal yang positif bagi adik adik juga sebagai memori atau ingatan baik dan usaha kami dalam Membina, Mengembangkan dan Mebudayakan Perpustakaan menuju Gemar Membaca.