Program Layanan SIMPING (Sumber Informasi Melalui Perpustakaan Keliling) pada Bidang Layanan Otomasi Dinas Arsip dan Perpustakaan telah berdampak positif dan memberikan peluang bagi masyarakat, komunitas maupun Lembaga-lembaga khusus yang sedang dan ingin bergerak dalam dunia literasi. Untuk memulainya membuat Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan adalah langkah yang tepat.

Pemerintah Desa Babakan melalui Kepala Desa Endin Sopiyudin dan Sekertaris Desa Ai Sukaesih, mengukuhkan Galuh Sukmaning Tyas sebagai Pengelola Pojok Baca Edu Kreatif Pusaka dan telah membuat naskah kesepakatan bersama (MoU) dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan melalui Kepala Bidang Layanan Otomasi Perpustakaan Ibu Dra. Hj. Uce Martini AF, MP pada Mei 2022 lalu.

Dalam kesempatan ini, Sabtu 14 Januari 2023 team Disipusda tengah melakukan monitoring dalam upaya menindak lanjuti, melihat perubahan serta kemajuan atas program yang berjalan. Selain itu, kami juga membawa armada mobil layanan perpustakaan keliling untuk menambah referensi bahan bacaan baca ditempat. Selain itu juga untuk menarik perhatian anak, TIM dari Disipusda membuat game edukasi serta promosi Perpustakaan.

Disela kegiatan kami menanyakan secara langsung kepada ibu Galuh Sukmaning Tyas selaku pengelola Pojok Baca Edu Kreatif Pusaka berkaitan dengan program. Menurut penuturannya, “upaya dalam mencerdaskan anak bangsa adalah visi kami dalam berkegiatan, Inovasi dan kreatifitas dalam mengelola sangat diperlukan untuk menunjang keberlangsungan, dengan konsisten kami membuat kegiatan diakhir pekan. Bukan hanya layanan membaca ditempat, beberapa kegiatan seperti pelatihan menari, lomba mewarnai, bercerita dongeng sampai bertadabur alam mengenalkan flora dan fauna juga sumber daya alam lainnya dilingkungan wilayah desa Babakan. Kedepannya yang menjadi harapan kami yaitu dapat menyelenggarakan pelatihan-pelatihan khusus untuk ibu-ibu seperti pelatihan merajut dan lainnya”.

Menanggapi hal ini, Dinas Arsip dan Perpustakaan daerah selaku Pembina Perpustakaan akan selalu mendukung dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang sudah berjalan maupun pelatihan yang sedang disusun pelaksanaannya. Diharapkan ke depannya lebih banyak lagi komunitas yang bergelut di dunia literasi di berbagai bagian Daerah Kabupaten Purwakarta, sehingga menjadi kepanjangan tangan dari Perpustakaan Daerah untuk memfasilitasi masyarakat dan berdampak indeks literasi yang cukup baik di seluruh daerah di Kabupaten Purwakarta.