Komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik melalui 5 program unggulan menjadikan Perpustakaan semakin dikenal juga diminati masyarakat umum, kelompok, komunitas, individu, kalangan pendidik maupun instansi terkait untuk menjadikan Perpustakaan sebagai Stakeholder dalam melaksanakan kegiatan.

Lima program tersebut yaitu pertama, Getuk Lindri, Gerakan untuk Literasi Mandiri. Simping, Sumber Informasi melalui Perpustakaan Keliling. Pala Manggu, Layanan Perpustakaan Keliling pada hari Minggu. Ngala Manggu, Ngabuka Layanan Sabtu dan Minggu. Maranggi, Maca Reme-rame Nganggo Digital.

Program Edufair Campus yang diselenggarakan SMKN 1 Plered pada Selasa 10 Januari 2023 sebagai bagian dari usaha sekolah dalam memberikan informasi kepada peserta didik mengenai pendidikan lanjutan demi menunjang karir siswa dan juga bentuk output dari Program Pusat Keunggulan Sekolah, yaitu BMW (bekerja, melanjutkan atau berwirausaha). Kegiatan tersebut telah melibatkan banyak Perguruan Tinggi baik negeri maupun suasta, dan juga Organisasi Perangkat Daerah terkait.

Dinas Arsip dan Perpustakaan Pemerintah Kabupaten Purwakarta dalam kesempatan ini telah ikut serta mempasilitasi melalui program Getuk Lindri. Yaitu, membuka pelayanan Perpustakaan Keliling dan sosialisasi program MARANGGI serta sekaligus Memorandum of Understanding (MOU) sebagai pendahuluan kami untuk menjalankan kerjasaman dengan SMKN 1 Plered berkenaan dengan program-program yang ada.

Melalui Kepala bidang Layanan dan Otomasi Perpustakaan Dra. Hj. Uce Martini AF, MP dan Kepala Sekolah SMKN 1 Plered Bpk. Ajang Sarip Hidayat, M.Pd., telah bersama-sama menandatangani kerjasama ini disela-sela kegiatan Neple Edufair Campus tersebut. Kami berharap semoga dengan adanya MOU ini dapat membatu kedua pihak dalam menjalankan program-program layanan dan khususnya lebih jauh tentang dunia Literasi.