Sejarah Dinas Kearsipan dan Perpustakaan

Kantor Arsip Daerah Kabupaten Purwakarta didirikan berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Daerah Tingkat II Purwakarta Nomor 3 Tahun 1996 tentang Pembentukan Kantor Arsip Daerah Kabupaten Daerah Tingkat II Purwakarta. Sedangkan pengesahan dan operasional Kantor Arsip Daerah Kabupaten Purwakarta pada tahun 1999. Sebelum Kantor Arsip Daerah Kabupaten berdiri urusan tentang kearsipan dilimpahkan kepada Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Purwakarta, baik arsip aktif maupun in-aktif, tetapi setelah Kantor Arsip Daerah berdiri, Bagian Umum Sekertariat Daerah hanya memegang dan mengurus arsip statis dan arsip in-aktif dari semua Dinas/Badan/Lembaga dan BUMD yang ada di Kabupaten Purwakarta.

Gedung Sekretariat Dinas Kearsipan dan Perpustakaan

Kantor Arsip Daerah sebelum tahun 2002 berada di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Purwakarta Jalan Gandanegara Nomor 25 Purwakarta. Seiring dengan perjalanan waktu pada awal tahun 2002, Kantor Arsip Daerah menempati Bangunan Eks Pembantu Bupati Wilayah I Purwakarta yang berlokasi di Jalan Veteran Komplek Perum Griya Asri Nomor 1 Ciseureuh Purwakarta Telp. (0264) 212575 Kode Pos 41118, dengan luas lahan seluas 4220 m² sesuai sertifikat Nomor 22 Tahun 1999.

Dan pada tahun 2016 lalu, melalui Peraturan Bupati Nomor 174 Tahun 2016 tentang Perincian Tugas dan Fungsi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan sebagai uraian guna melaksanakan ketentuan Pasal 4 Peraturan Daerah Kabupaten Purwakarta Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Purwakarta dan Pasal 98 ayat (2) Peraturan Bupati Purwakarta Nomor 148 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan, Tugas dan Fungsi, serta Tata Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Purwakarta dan pada tahun 2017 Kantor Arsip Daerah dipadukan dengan Kantor Perpustakaan Daerah sehingga lahirlah Dinas Kearsipan dan Perpustakaan seperti saat ini.

Gedung Perpustakaan Saat Ini

Saat ini Dinas Kearsipan dan Perpustakaan memiliki 1 Sekretariat dengan 3 Kasubag, 2 Bidang Kearsipan dan 2 Bidang Perpustakaan yang mana masing-masing bidang memiliki 3 seksi dengan perincian sebagai berikut:

  1. Kepala Dinas
  2. Sekretariat, terdiri atas:
  3. Subbagian Perencanaan dan Pelaporan;
  4. Subbagian Keuangan; dan
  5. Subbagian Kepegawaian dan
  6. Bidang Pembinaan, Pelestarian dan Pengembangan Kearsipan (P3K), terdiri atas:
  7. Seksi Pembinaan Kearsipan;
  8. Seksi Pelestarian Kearsipan; dan
  9. Seksi Pengembangan
  10. Bidang Pengelolaan dan Pemeliharaan Kearsipan (P2K), terdiri atas:
  11. Seksi Pengelolaan Kearsipan;
  12. Seksi Informasi dan Layanan Kearsipan; dan
  13. Seksi Pemeliharaan
  14. Bidang Layanan dan Otomasi Perpustakaan , terdiri atas:
  15. Seksi Layanan Perpustakaan;
  16. Seksi Pelayanan Perpustakaan Keliling; dan
  17. Seksi Otomasi
  18. Bidang Pengembangan dan Pelestarian Perpustakaan, terdiri atas:
  19. Seksi Deposit;
  20. Seksi Pengolahan Bahan Pustaka; dan
  21. Seksi Pelestarian Bahan
  22. UPTD Kearsipan Diorama.
  23. Jabatan Fungsional Arsiparis dan Pustakawan

(~ReportaseBidang P2K~)

 

Ayo ke Diorama !

Ingin tahu seperti apa isi Bale Panyawangan Diorama. Yuk kita ke Diorama Purwakarta dan Diorama Nusantara !